Press "Enter" to skip to content

PEMUSNAHAN KTP -EL DAN KTP MANUAL

Tuapejat –  Polres Kepulauan Mentawai bersama-sama dengan Pemda Kabupaten Kepulauan Mentawai melakukan Pemusnahan/ Pembakaran KTP elektronik dan KTP Manual yang rusak atau Invalid yang dilaksanakan dihalaman Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( DUKCAPIL) Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kegiatan yang dilaksanakan Pemda bersama-sama dengan Polres adalah mengikuti Instruksi Menteri Dalam Negeri, “Mendagri menginstruksikan dengan tegas agar satu minggu ke depan pemusnahan KTP-el rusak atau invalid sudah dilaksanakan oleh seluruh daerah,” ujar Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar, melalui siaran pers, Selasa (18/12/2018), dan hal tersebut juga ditindak lanjuti oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Mentawai.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan KTP-el Rusak atau Invalid, yang ditujukan kepada bupati dan wali kota di seluruh Indonesia. Dalam surat tertanggal 13 Desember 2018 tersebut, terdapat empat hal yang perlu dilakukan, demi mencegah penyalahgunaan e-KTP. Pertama, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) diminta untuk melakukan pendataan terhadap e-KTP yang rusak atau invalid di wilayah masing-masing.

Pada pelaksanaan pemusnahan/pembakaran KTP yang berlangsung Pada Hari Kamis Tanggal 20 Desember 2018 Yang Bertempat dihalaman kantor dinas kependududkan Dan catatan sipil Kebupaten Kepulauan Mentawai yang Beralamat di Jalan Raya Tuapejat KM. 4 Sipora Utara dihadiri oleh Pihak Polres mentawai yang diwakilkan oleh Kasat Sabhara IPTU SYAFRIAL dan Kanit III Reskrim IPDA SUDIRMAN, SH dari Pihak Dinas DUKCAPIL dihadiri Langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil TARCISIUS SH. M.Hum serta dari unsur Pemda mentawai lainnya.

Dalam Kesempatan tersebut Kepala Dinas Kepundudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mentawai TARCISIUS SH. M.Hum menyampaikan Pembakaran merupakan cara baru dalam pemusnahan e-KTP, di mana sebelumnya hanya dilakukan pengguntingan. Selain itu, jajaran terkait juga diminta untuk membuat berita acara terhadap setiap pemusnahan yang dilakukan. Berita acara tersebut juga perlu disampaikan kepada Mendagri dan setelah melakukan pemusnahan dan secara bersama-sama yang disaksikan oleh Berbagai elemen masyarakat serta instansi terkait kita segera membuat berita acara pemusnahannya tegas Kepala Dinas dan Seluruh rangkaian kegiatan dituangkan dalam BERITA ACARA PEMUSNAHAN/PEMBAKARAN KTP-el & KTP MANUAL YANG RUSAK ATAU INVALID Nomor : 470/176/DUKCAPIL/2018 tgl 20 Des 2018.

(HUMAS POLRES)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.