Press "Enter" to skip to content

Bhabinkamtibmas Bripka Alex melakukan Kegiatan Kepolisian dalam rangka Jumat Curhat tentang Pembangunan dan Mengaktifkan Poskamling di seluruh Dusun se Desa Sikakap sebanyak 13 Dusun

Polres Kep Mentawai, Polda Sumatera Barat

Jumat (10/2/2023) Bhabinkamtibmas Bripka Alex melakukan Kegiatan Kepolisian dalam rangka Jumat Curhat tentang Pembangunan dan Mengaktifkan Poskamling di seluruh Dusun se Desa Sikakap sebanyak 13 Dusun. Dalam kegiatan tersebut ada 3 orang Kepala Dusun menyampaikan bahwa didusun mereka sudah ada Poskamlingnya Namun lebih kurang 2,5 tahun Poskamling tersebut tidak pernah aktif lagi, adapun data Poskamling yang sudah ada tersebut sebagai berikut
Poskamling Dusun Sikakap Timur
Poskamling Dusun Hva. Poskamling Dusun Mabolak
Kemudian 10 orang kepala Dusun lainnya mengatakan bahwa didusun mereka sama sekali belum ada bangunan Poskamlingnya, dengan data sebagai berikut Dusun Mapinang.Dusun Sikakap Barat Dusun Seay Baru.Dusun Seay Lama.Dusun Berkat Baru.Dusun Berkat Lama. Dusun Pinatetek. Dusun Bakat Monga. Dusun Sibaibai Dusun Sikakap Tengah

Setelah mendengar Curhat semua Kepala Dusun tersebut maka, Bhabinkamtibmas memberikan solusi kepada mereka agar melakukan Rapat Koordinasi dengan semua Tokoh masyarakat yang ada di Dusun masing-masing dan juga melibatkan masyarakat serta orang-orang yang dapat mendukung kegiatan tersebut. Dalam kegiatan Rapat Koordinasi tersebut nantinya Bhabinkamtibmas Desa Sikakap akan hadir disetiap Dusun mereka.

Adapun Poin-poin pembahasan dalam Rapat Kordinasi tersebut antara lain
Untuk mengurangi angka kriminal atau kejahatan di tengah-tengah masyarakat maka perlu diaktifkan Poskamling di setiap Dusun sehingga niat para pelaku kejahatan dapat digagalkan dan kesempatan mereka tidak ada untuk berbuat kejahatan.
Untuk Poskamling yang sudah ada bangunannya, agar Kepala Dusunnya dan Tokoh Masyarakatnya mendorong masyarakat untuk mengaktifkan lagi Poskamling tersebut.
Untuk Poskamling yang belum ada, untuk sementara menjelang didirikannya Poskamling tetap melaksanakan Ronda.
Petugas yang dipekerjakan pada Poskamling tersebut harus kategori laki-laki yang sudah Dewasa dengan umur 18 Tahun keatas.
Petugas yang dipekerjakan pada Poskamling tersebut hanya atas kesadaran dan kemauan mereka sendiri untuk berpartisipasi mengikuti kegiatan Poskamling, jangan sampai ada unsur paksaan atau mewajibkan.
Upayakan petugas yang bertugas di Poskamling tersebut menggunakan baju Uniform seperti baju hansip, agar ada perbedaan antara petugas Poskamling dengan masyarakat biasa.
Sesuai Informasi dari Kepala Desa Sikakap dan Camat Sikakap tidak adanya Dana yang dapat dialokasikan untuk kegiatan Poskamling, maka untuk biaya yang berkaitan dengan kegiatan Poskamling jangan ada unsur Pungli, ada pemerasan, pemaksaan ataupun mewajibkan seseorang untuk membayar/iyuran, harus dengan kesadaran dan atau kemauan sendiri dalam memberikan sumbangan baik berupa uang, makanan, minuman ataupun barang-barang lain yang dibutuhkan dalam kegiatan Poskamling._
Apabila dalam bertugas, petugas ronda menemukan suatu peristiwa, pelanggaran, kejahatan ataupun tindak pidana, agar tidak bertindak gegabah, anarkis, kekerasan dan hal-hal buruk lainnya yang dapat berpotensi menjadi gangguan Kamtibmas ataupun malah petugas itu sendiri yang berbuat kejahatan yang dikarenakan ketidak tahuan akibat dari tindakan yang telah dilakukan. Untuk itu apabila menemukan hal-hal tersebut diatas agar terlebih dahalulu kordinasi dengan Kepala Dusunnya atau memberitahukan kepada pihak yang lebih berwenang atau dengan Bhabinkamtibmas Desa Sikakap.
Seluruh Kepala Dusun harus mengetahui Tugas dan batas kewenangannya, sehingga para Kepala Dusun tidak salah dalam bertindak.

Agar Poskamling yang sudah ada bangunannya dapat Diaktifkan kembali dan Poskamling yang belum ada tetap laksanakan Ronda dan upayakan untuk dibangun sesegra mungkin.

Agar semua Kepala Dusun dan unsur terkait lainnya tidak salah dalam bertindak sehingga Siskamtibmas tetap terjaga.

Agar terciptanya situasi Kamtibmas yang Kondusif di Wilkum Desa Sikakap Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.